JENIS-JENIS SISTEM









SISTEM INFORMASI DAPAT BIBAGI MENJADI BEBERAPA  BAGIAN:


1.   Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi ang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besaruntuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventaris. TPS berfungsi padalevel organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal.
Input
Transaksi, Kegiatan
Proses
Meng-Update (Memperbaharui)
Output
Laporan rinci
User
Staf Operasional,Supervisor
Pengambilan Keputusan
Sangat terstruktur
Contoh
Sistem penggajian


2.  Office Automation Systems (OAS)
OAS mendukung pekerja data, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memenipulasikannya dengan cara-cara tertentusebelum menyebarkannya keseluruhan dengan organisasi . Aspek-aspek OAS seperti Word Processing, Spreadsheets, Electronic sheduling, dan komunikasi melalui Voice mail, Email dan video conferencing.
Input
Dokumen, Jadwal
Proses
Manajemen dokumen, penjadwalan dan komunikasi
Output
Dokemen, jadwal
User
Clerical Workers (Pegawai, Sekretaris)
Pengambilan keputusan
Terstruktur
Contoh
Sistem Image Dokumen (membuat presentasi)

3.  Knowledge Work Systems (KWS)
KWS mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan, Insinyur dan Doktor dengan membantu menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat.Sistem informasi yang dapat membantu meningkatkan kreativitas karyawan serta mampu mengitegrasikan pengetahuan baru dalam organisasi
Input
Spesifikasi rancangan
Proses
Pemodelan
Output
Rancangan, grafik
User
Technical staff, profesional
Pengambilan keputusan
Terstruktur
Contoh
Engineering Workstation (CAD, CAM)

4.  Sistem Informasi Manajemen (SIM)
SIM tidak menggantikan TPS, tetapi mendukung spektrum Tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis terkomputerisasi (basis data).
Input
Data bervolume tinggi
Proses
Model sederhana
Output
Laporan ringkas
User
Middle managers
Pengambilan Keputusan
Terstruktur yang mengarah pada semi-terstruktur
Contoh
Membuat anggaran tahunan

5.  Decision Support Systems (DDS)
DDS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh Tahap-tahapnya. DDS atau sistem pendukung keputusan Sistem Informasi pada level manajemen yang menggabungkan antara data dan model analisis mutakhir atau peralatan untuk menganalisis data yang mendukung proses pengambilan keputusan semi-terstruktur maupun tidak terstruktur.
Input
Data bervolume rendah
Proses
Simulasi, Analisis
Output
Analisis keputusan
User
Staf manajer, Profesional
Pengambilan Keputusan
Semi-terstruktur
Contoh
Analisis wilayah penjualan

6.  Sistem Ahli/Sistem Pakar (Expert System) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AL)
AL dimaksudkan untuk mengembangkan mesin-mesin yang berfungsi secara cerdas. Dua cara untuk melakukan riset AL adalah memhami bahasa alamiahnya dan menganalisis kemampuan untuk berfikir melalui problem sampai kesimpulan logiknya. Sistem ahli menggunakan pendekatan-pendekatan pemikiran AL untuk menyelesaikan masalah serta memberikannya lewat pengguna bisnis.Komponen dasar sistem ahli adalah knowledge-base yakni suatu mesin interfensi yang menghubungkan pengguna dengan sistem melalui pengolahan pertanyaan lewat bahasa terstruktur dan antarmuka pengguna.
7.  Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work Systems (CSCW) 
GDSS dimaksudkan untuk membawa kelompok bersama-sama menyelesaikan masalah dengan memberi bantuan dalam bentuk pendapat, kuensioner, konsultasi dan skenario. Kadang-kadang GDDS disebut dengan CSCW yang mencangkup pendukung perangkat lunak yang disebut dengan “Graupware”untuk kaloborasi tim melalui komputer yang terhubung dengan jaringan.

8.   Executive Support Systems (ESS) 
ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutuf mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor dan merupakan sistem informasi yang mengarah pada pengambilan keputusan yang tidak terstruktur melalui tampilan grafik dan komunikasi.
Input
Data menyeluruh, internal dan eksternal
Proses
Interaktif
Output
Proyeksi
User
Senior managers
Pengambilan keputusan
Sangat tidak terstruktur
Contoh
Rencana operasonal 5 tahun
Menurut Krismiaji dalam buku yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi,(2002:4) konsep sistem mengelompokan sistem menjadi empat jenis sistem sebagai berikut :
1.         Sistem Tertutup
Sistem yang secara total terisolasi dari lingkungannya. Tidak ada penghubung dengan pihak eksternal, sehingga sistem ini tidak memiliki pengaruh terhadap lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan yang berada dalam diluar batas sistem.
2.         Sistem Relatif Tertutup
Sistem yang berinteraksi dengan lingkungan secara terkendali. Sistem semacam ini mrmiliki penghubung sistem dengan lingkungan.
3.         Sistem Terbuka
Sistem berinteraksi dengan lingkungan secara tidak terkendali. Disamping memperoleh input dari lingkungan, dan memberikan output bagi lingkungan.
4.         Sistem Umpan Balik
Sistem yang menggunakan sebagian output menjadi salah satu input untuk proses yang sama dimasa berikutnya.




SUMBER :
http://afranmf.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis-sistem-informasi-dan.html

 

0 komentar:

Posting Komentar

Top Menu

kalender

sasuke

cara pasang animasi naruto dan sasukebergerak gif di blog

Popular Posts